Cara Diet Alami Dengan Pola Makan Sehat

Senin, 28 Januari 2013 | komentar




Cara Diet Alami Dengan Pola Makan Sehat - Bila Anda ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal, diet ketat ditambah dengan obat-obatan pelangsing bahkan sampai melakukan tindakan operasi, tentu bukan pilihan yang baik dan jauh dari sehat.  Karena sebenarnya, kita dapat menyiasatinya hanya dengan tertib mengatur pola makan yang seimbang. Metode inilah yang dinamakan diet alami, yaitu diet yang mengandalkan kemampuan tubuh Anda dalam menyerap dan mengolah atau metabolisme zat dalam tubuh. Bagaimana pola makan sehat yang menunjang diet alami itu? Yuk lihat sama-sama;

Sarapan

Kombinasi karbohidrat kompleks dan protein, sebaiknya mengisi menu sarapan sehat Anda sehari-hari. Oatmeal, roti gandum utuh atau beras merah, makanan ini sifatnya mengenyangkan dan tahan dalam perut lebih lama, keuntungannya tidak menyebabkan peningkatan gula darah secara drastis karena dicerna dan diserap oleh tubuh dengan perlahan. Selain karbohidrat, tambahkan protein, protein adalah nutrisi esensial yang baik untuk memompa semangat Anda di pagi hari. Protein membuat Anda merasa kenyang lebih lama hingga membuat Anda mengambil porsi kecil untuk waktu makan selanjutnya, selain itu, protein memberikan nutrisi lebih banyak untuk meningkatkan produktivitas Anda seharian.  Untuk menu sarapan yang kaya protein, telurlah salah satu pilihan menu yang tepat. Selain itu, Anda bisa pilih menu protein yang rendah lemak lain seperti daging ayam atau sapi tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan dan olahannya ataupun yogurt dan susu tinggi protein yang rendah lemak. Dan jangan lupa, lengkapi menu sarapan Anda dengan sayur atau buah-buahan kaya serat.

Makan siang

Siang hari identik dengan aktifitas yang padat yang membuat Anda merasa sah-sah saja bila mengkonsumsi banyak makanan, terutama yang kaya lemak atau bahkan fastfood. Memang,  tubuh kita akan lemas karena hampir setengah hari tenaga kita terkuras. Namun, balas dendam dengan makan melebihi porsi tentu sangat disayangkan dan justru lebih baik dihindari. Akan menjadi sia-sia saja, kita mengatur menu untuk  sarapan secukupnya, jika ternyata menu makan siang kita melebihi batas apalagi tanpa mengindahkan kaidah menu makanan sehat. Nah, untuk siang hari, baik memilih tumis dan daging serta nasi, tentunya dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Tetap kombinasikan dengan buah juga sayuran yang kaya serat dan untuk minuman, cukup air putih saja atau boleh juga diselingi dengan minuman lain seperti jus buah atau lemon tea.

Makan malam

Malam hari, bukan berarti aktifitas makan Anda harus terhenti. Memang, saat malam hari tidak banyak aktifitas tubuh kita yang memerlukan banyak energy terbuang, namun kita perlu mengkonsumsi makanan sehat saat malam, untuk cadangan pencernakan kita. Seperti yang kita tahu, bahwa seluruh fungsi tubuh tidak akan berhenti saat Anda tidur, juga pada pencernakan, akan terus bergerak dan membutuhkan zat untuk diolah walaupun kita sedang terlelap, untuk itu kita perlu makan secukupnya sebagai cadangan agar kita tidak mendapati perut yang kosong dipagi hari yang membuat sarapan Anda berlebih. Untuk  menu makanan untuk diet di malam hari atau sore, kita bisa mengkonsumsi sop, salad buah/sayuran  dan air putih serta jus. Dapat juga menambahkan susu rendah lemak menjelang tidur. Baiknya, Anda menutup seluruh aktifitas makan, 3-4 jam sebelum tidur, agar tidak terdapat timbunan lemak pada tubuh.

Snack time

Menginginkan tubuh yang langsing, bukan berarti Anda menghentikan wakti bersantai sambil ngemil. Nikmatilah hari Anda dan luangkan waktu sejenak untuk makan camilan di pagi (09:00-10:00) atau sore hari (15:00-16:00). Namun, jangan biasakan membeli camilan sembarangan/jajan, karena kita tidak akan dapat mengontrol kalori juga kebersihan camilan tersebut. Siapkan persediaan snack anda. Siapkan di laci meja kantor Anda, biscuit atau potongan buah kesukaan Anda utnuk menemani Anda bekerja.

Berikut, beberapa camilan yang sehat (beserta hitungan kalorinya):

·         3 pcs biskuit cracker 120 kalori 
·         Segenggam kripik kentang (potato chips) 140 kalori 
·         Roti bagel dengan sepotong keju leleh 300 kalori 
·         Telur rebus matang /segenggam tomat kecil 100 kalori 
·         1 potong macaroni schootel 175 kalori 
·         Risol 250 kalori 
·         Muffin medium isi buah (blueberry, strawberry) 400 kalori 
·         Jeruk manis 50 kalori  
·         Apel merah 80 kalori  
·         Pisang mas 100 kalori 

Contoh jadwal dan menu diet sehat alami sehari-hari:

Sarapan (7.00)

1 telur rebus
1 cup oatmeal

Snack Pagi:  (10.00)

1 buah apel

Makan Siang (13.00)

1 ons dada ayam/daging
1 cup nasi merah
1 cup sayur

Snack Siang (16.00)

1 potong roti gandum utuh
1 potong ikan atau daging panggang

Makan Malam:  (19.00)

 1 ons dada ayam/ikan
 1 cup sayuran

Sebelum Tidur  (21.00)

Susu Tinggi Protein namun rendah lemak dan gula.


Prinsipnya adalah, jangan pernah mengurangi waktu dan menu makan yang memang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Gunakan rumus makan sedikit namun sering dan pastinya sehat, untuk mencapai bentuk tubuh yang langsing dan sehat ideal
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Serba alami - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger